Pengertian dan Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Pengertian dan Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan - Untuk postingan kali ini Admin akan membahas pengertian dan juga perbedaan tentang BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Mungkin bagi sebagian orang mereka hanya tahu bahwa ada program pemerintah baru yang diresmikan mulai tanggal 1 Januari 2014 kemarin yaitu BPJS, akan tetapi sebenarnya ada perbedaan Antara BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Pengertian dan Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Mari kita simak apa pengertian dan perbedaan dari kedua program BPJS ini.

Apa Itu BPJS Kesehatan?

  1. BPJS Kesehatan adalah pengganti layanan kesehatan dari PT. Askes dan juga PT. Jamsostek.
  2. BPJS Kesehatan adalah program SJSN yang dikhususkan untuk pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia yang menitikberatkan kepada pemerataan pelayanan kesehatan.
  3. BPJS Kesehatan adalah program untuk semua masyarakat tanpa terkecuali.
  4. BPJS Kesehatan memiliki 2 jenis, yaitu DPI dan non-DPI. Dimana anggota DPI iuran dibayarkan oleh pemerintah sedangkan non-DPI iuran membayar sendiri

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan?

  1. BPJS Ketenagakerjaan adalah pengganti PT Jamsostek.
  2. BPJS Ketenagakerjaan adalah program SJSN yang dikhususkan untuk pelayanan bagi tenaga kerja atau karyawan dalam bentuk jaminan asuransi untuk hari tua. Jadi intinya BPJS Ketenagakerjaan fokus untuk jaminan pensiunan bagi para karyawan.
  3. BPJS Ketenagakerjaan adalah program khusus untuk tenaga kerja dan pegawai, baik negeri maupun swasta.
  4. Untuk jenis serta nominal iurannya masih belum ditentukan karena baru akan diumumkan di awal tahun 2015.
Nah, dengan pengertian diatas kita bisa menyimpulkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan bisa dibilang Asuransi Hari Tua bagi Karyawan swasta / pemegang kartu jamsostek yg lama.

Demikian artikel tentang pengertian dan perbedaan kedua jenis program BPJS ini, Terima kasih telah membaca artikel di http://topikpedia.blogspot.com/ .

Tinggalkan Komentar: