Cara Mendaftar Anggota BPJS untuk Umum

Cara Mendaftar Anggota BPJS untuk Umum - Seperti yang kita tahu bahwa salah satu program pemerintah yaitu BPJS telah diresmikan tanggal 1 Januari 2014 kemarin. Program BPJS ini resmi menggantikan PT Askes dan PT Jamsostek.

Perlu Anda ketahui bahwa secara umum keanggotaan BPJS terbagi menjadi 2, yaitu sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) serta Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non-PBI). Untuk peserta PBI, premi akan dibayarkan oleh pemerintah, sedangkan untuk non-PBI premi akan dibayar sendiri oleh yang bersangkutan.
Cara Mendaftar Anggota BPJS untuk Umum

Untuk peserta non BPI, ada 3 kelas premi yang bisa dipilih, namun dari ketiga kelas tersebut, tidak ada perbedaan dalam tindakan medis, hanya perbedaan jumlah iuran saja. 3 kelas premi tersebut adalah sebagai berikut :
  • Kelas 1 = membayar premi Rp 59.500,00 per bulan
  • Kelas 2 = membayar premi Rp 45.500,00 per bulan
  • Kelas 3 = membayar premi Rp 25.500,00 per bulan
Akan tetapi masih banyak masyarakat yang kebingungan dengan cara menjadi anggota BPJS, oleh karena itu di artikel ini Admin akan bahas bagaimana cara mendaftar menjadi Anggota BPJS untuk Umum.

Bagaimana cara mendaftar menjadi Anggota BPJS untuk umum? Simak caranya dibawah ini :
  1. Masyarakat datang ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di tingkat kabupaten maupun propinsi
  2. Masyararakat mengisi formulir dengan membawa salah satu kartu identitas KTP, SIM, Kartu Keluarga, atau Paspor.
  3. Setelah mengisi formulir, maka Anda akan mendapatkan Virtual Account yang digunakan sebagai nomor transaksi untuk pembayaran premi.
  4. Bagi Anggota Non BPI, anda harus membayar iuran terlebih dahulu dan setelah membayar iuran anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan.
  5. Bagi anggota BPI, setelah mendapat virtual account anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan, anda tidak perlu membayar iuran karena iuran anda dibayarkan oleh pemerintah.
  6. Anda akan mendapatkan kartu anggota BPJS Kesehatan.
Cara diatas adalah cara mendaftar BPJS untuk Umum, tentu cara ini akan berbeda jika anda seorang karyawan swasta atau pegawai negeri sipil, oleh karena itu di artikel selanjutnya Admin akan bahas bagaimana cara mendaftar BPJS untuk karyawan atau pegawai negeri sipil yang dulunya memiliki kartu askes.
Terima Kasih telah membaca artikel di http://topikpedia.blogspot.com/.

Tinggalkan Komentar: